Dampak negatif Kopi bagi kesehatan tubuh

Advertisement

Dampak negatif Kopi bagi kesehatan tubuh

Apakah kopi berbahaya bagi jantung? Jika Anda bertanya kepada dokter ahli jantung, pasti jawabannya Anda disarankan untuk berhenti minum kopi. Alasannya, kafein di dalam kopi merupakan stimulan yang dapat menambah beba jantung, bahkan memicu serangan jantung. Jelly Gamat Mitoha
Kafein yang terkandung dalam kopi sering dituding sebagai ‘racun’ yang merusak kesehatan, terutama jantung. Ini disebabkan banyak peminum kopi yang merasakan denyut jantung meningkat dan sulit tidur setelah meminum kopi. Peningkatan denyut jantung dan tekanan darah ini sering terjadi pada mereka yang sensitif terhadap kafein.
Selain itu, peminum kopi juga bisa mengalami keracunan kafein. Jika terlalu banyak minum kopi, maka bisa menyebabkan ‘mabuk’ kafein dengan gejala resah, suasana hati tidak menentu, mudah marah, depresi, cemas, sulit konsentrasi, insomnia, deg-degan, dan sering buang air kecil. Dalam kasus yang lebih lanjut, bisa terjadi kejang otot, panik, dan denyut jantung terganggu.
Pada kondisi yang lain juga bisa beresiko osteoporosis. obat sinusitis Jika asupan kafein lebih dari 744 mg atau setara dengan 7-8 cangkir per hari bisa menyebabkan kehilangan kalsium dan magnesium melalui air seni, sehingga beresiko keropos tulang/ osteoporosis. Hal ini dapat dihindari dengan asupan kalsium yang mencukupi.
Pada sisi yang lainnya, kopi memiliki beberapa kopi manfaat bagi tubuh. Di antaranya sebagai berikut,
  • Mencegah diabetes tipe 2. Mengkonsumsi 3-4 cangkir kopi per hari dapat menurunkan resiko penyakit diabetes sampai 30 %. Hal ini disebabkan karena adanya asam klorogenat yang membantu mencegah resistensi insulin.
  • Terhindar dari penyakit Alzheimer dan Parkinson. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam kopi dapat mencegah kerusakan sel yang berhubungan dengan Parkinson dan kandungan kafein menghambat peradangan dalam otak yang dikaitkan dengan Alzheimer.
  • Mengatasi reaksi alergi. Kafein dalam tubuh dapat membantu mengurangi konsentrasi histamine, yaitu zat yang menyebabkan tubuh merespon zat pemicu alergi.
  • Meningkatkan daya ingat. Selain mencegah diabetes, kafein juga mampu meningkatkan daya ingat dan penalaran logis.
  •  Meredam rasa lelah. Ini dikarenakan kafein dalam tubuh berperan meningkatka kerja psikomotorik, sehingga tubuh terasa segar dan energy meningkat.
Semua kembali lagi ke tubuh. Karena ketahanan tubuh masing-masing orang berbeda. Hasil penelitian di atas di lakukan pada orang-orang secara umum. Sehingga disarankan agar mengkonsumsi kopi pada tahapan cukup saja dan jangan berlebihan.
Advertisement
Dampak negatif Kopi bagi kesehatan tubuh | Unknown | 5
kafein di dalam kopi merupakan stimulan yang dapat menambah beba jantung, bahkan memicu serangan jantung. Kafein yang terkandung dalam kopi sering dituding sebagai ‘racun’ yang merusak kesehatan, terutama jantung

Advertise